Wednesday 12 October 2016

Obama: Perjalanan ke Mars di 2030 akan Menjadi Sejarah Amerika



WASHINGTON - Dalam tulisan opini yang dikirim ke CNN pada Selasa pekan kemarin, Obama mengatakan bahwa misi perjalanan ke Mars pada 2030 akan menjadi sejarah bagi Amerika Serikat. Sebagaimana diketahui saat ini terdapat beberapa perusahaan yang memiliki misi tersebut.
"Kami memiliki tujuan penting dalam sejarah keantariksaan Amerika Serikat yakni mengirimkan manusia ke Mars pada 2030 dan mengembalikannya kembali ke Bumi dengan selamat. Dengan ambisi hingga suatu saat nanti terdapat waktu kepunahan," tulis Obama yang dilansir ZDNet, Rabu (12/10/2016).
Ia juga mengatakan bahwa untuk melakukan perjalan ke Planet Merah tersebut, akan membutuhkan kerjasama antara pemerintah dan juga inovator swasta. Ia memprediksi, dalam jangka waktu dua tahun ke depan inovator swasta akan mampu mengirimkan astronot untuk pertama kalinya ke international space station.
"Untuk bisa mencapai planet Mars, dibutuhkan kooperasi yang berkelanjutan antara pemerintah dengan inovator swasta, dan kami telah dalam tahap itu. Dalam dua tahun ke depan perusahaan swasta akan bisa mendaratkan astronot keinternational space station untuk pertama kalinya," lanjutnya.
Sebagaimana diketahui perjalanan ke ruang angkasa saat ini telah diinisiasi oleh perusahaan swasta milik Elon Musk yakni SpaceX. Pada September 2016, perusahaan ini berencana untuk mengkoloni planet Mars satu dekade ke depan dengan menyediakan perjalanan seharga USD200.000.
Selain SpaceX perusahaan lain yang juga memiliki rencana perjalanan ke Mars ialah Blue Origin yakni perusahaan di bidang ruang angkasa bentukan Bos Amazon Jeff Bezos dan juga perusahaan pembuat pesawat, Boeing.

No comments:

Post a Comment