Monday 10 October 2016

Google Dukung Ahok, Ternyata Ini Alasannya



WinNetNews.com - Saat kita melakukan pencarian di google tentang "Sungai bersih di Jakarta karena Foke," google menuliskan "Mungkin yang Anda maksudkan sungai bersih di Jakarta karena Ahok". Kenapa bisa begitu? Yuk kita cari tahu penyebabnya.
Ternyata pernyataan google mengenai proyek pembersihan sungai di DKI Jakarta ini karena adanya peringkat halaman (page rank) yang menentukan kata kunci.
"Google atau mesin pencari lainnya mencari dan mengumpulkan berbagai page yang ada, lalu ketika dia mengumpulkan web dia melakukan page rank yang berarti mesin pencari itu mencaripage mana yang paling tinggi untuk kata-kata kunci," jelas Wakil Kelapa Ilmu Komputer Universitas Bina Nusantara, Dr Ford Lumban Gaol, SM IEEE, di Jakarta, beberapa waktu lalu.
Ford menjelaskan bahwa penilaian google ini dilakukan secara objektif dengan mengumpulkan kata kunci terbanyak melalui halaman yang ada dan bukan karena komersialisasi.
"Ketika google mengumpulkan page yang sangat banyak maka page ini akan mengambil kata kunci yang ada. Misalnya, kali bersih, dan setiap kata kali bersih mungkin ada nama atau kata Ahok misalnya. Maka google akan mengoreksi apabila ada orang yang salah ketik."
Dr. Ford menambahkan, google merupakan mesin pencari (search engine) yang tidak hanya terkenal, namun juga memiliki data base terbesar dan spesifik.

No comments:

Post a Comment