Thursday 13 October 2016

Mau Irit Belanja? Gunakan Tas Canggih Seharga Rp 66, 5 Juta ini




Gulalives.co, JAKARTA – Dalam kehidupan rumah tangga, memang tidak bisa dipungkiri kaum wanita lebih boros dibanding pria saat berbelanja. Saat jalan-jalan ke mall, biasanya wanita bisa menghabiskan banyak uang untuk membeli barang yang dilihatnya. Tentunya jika kebiasaan buruk ini tidak di kontrol bisa menjadi ‘penyakit’ yang merusak keuangan keluarga.

Perkembangan teknologi kini telah merambah pada aksesori yang sering digunakan wanita, salah satunya adalah tas. Ada satu tas canggih yang bisa menahan nafsu Anda untuk belanja.
Namun, kini ada cara baru yang diyakini bisa meredam wanita untuk tidak boros membelanjakan uangnya saat berbelanja. Dilansir Gulalives.co dari Finder.com pada selasa (6/9/2016), para wanita yang kewalahan menanggung nafsu belanjanya kini bisa teratasi oleh canggihnya teknologi.


Colmac Robotics Ltd dan seorang fashion designer Geova Rodriguez berhasil menggabungkan fesyen dan teknologi dengan menciptakan ‘iBag2’. Colmac yang berasal dari Irlandia dan Geova Rodriguez dari New York membuat tas dengan desain elegan berkemampuan meredam keinginan pemakainya untuk belanja.
“Kami menciptakan iBag2 dengan tujuan ingin menolong banyak orang untuk lebih bijak dalam menggunakan uang,” ujar Michelle Hutchinson, ahli keuangan dari Finder.com.
Bagaimana iBag2 bekerja untuk mengerem wanita agar tidak kalap saat berbelanja? Ternyata, iBag2 bisa dilengkapi dengan fitur teknologi canggih di dalamnya. Jadi, setiap kali penggunanya ingin mengambil dompet, iBag2 akan mengingatkan Anda untuk menggunakan uang dengan benar.
iBag2 juga dilengkapi GPS yang bisa mendeteksi jika Anda ketahuan berada di mall atau tempat belanja. Tas yang dibanderol dengan harga US 5,000 atau sekitar Rp 66, 5 juta ini pun dapat mengeluarkan cahaya kuning sebagai tanda peringatan.
tas cerdas itu dilengkapi sensor pintar yang bisa mendeteksi pengeluaran pemiliknya. Setiap pengeluaran itu dirasa berlebihan, ia otomatis mengunci.
Tas juga tak bisa dibuka pada jam-jam tertentu. Selain itu, notifikasi berupa pesan singkat juga akan dikirimkan setiap memasuki zona bahaya belanja. Sensornya pun akan berkedip-kedip. Tak berhenti sampai di situ, iBag juga menyediakan sensor yang bisa mendeteksi berapa kali dompet dikeluarkan dari dalam tas. Aktivitas sekecil itu akan terekam.

Kecanggihan iBag terinspirasi survei yang dilakukan situs Credit Card Finder. Dari penelitiannya ditemukan, satu dari empat pemegang kartu kredit biasanya tidak melunasi saldo penuh tiap bulan. Artinya, para pembeli impulsif sering kehilangan kontrol atas hasrat berbelanjanya. Ironisnya, mereka tak sadar itu berdampak pada kondisi ekonomi pribadi.
Mereka yang dikenal dengan sebutan shopaholic itu, dianggap perlu mengambil tindakan ekstrem untuk mengatasi permasalahannya. Salah satunya, denganiBag.
Sistem RFID yang terkoneksi dengan lampu LED yang menghasilkan getaran untuk mengingatkan Anda terlalu sering mengeluarkan dompet. Bahkan, iBag2 bisa mengunci tas sendiri jika Anda sudah terlalu kalap memakai uang!
Di dalam tas berwarna putih hitam ini ada dua buah medan magnet yang akan mengatup sendiri kapan saja jika ia kira Anda terlalu impulsif dalam berbelanja. Jika tak mempan, ada juga fitur yang dari tali tas yang mengeluarkan getaran jika dipakai di pundak.
Sling bag ini juga bersifat seperti power bank, yang berfungsi mengisi daya baterai tas, dan juga bisa digunakan untuk mengisi daya baterai telepon genggam Anda dengan kapasitas 10.000 mAh.
Tujuannya untuk memberitahu penggunanya jika dirinya sudah terlalu banyak belanja. Sebenarnya, prototipe tas ini telah diumumkan ke social media namun belum sampai tahap produksi.
Baru di tahun inilah, tas tersebut benar-benar diproduksi dengan berbagai kecanggihan yang ada. Misalnya saja, tas tersebut akan menyalakan lampu flash, bergetar, hingga mengunci secara otomatis jika Anda merogoh tas untuk mengambil dompet.
iBag2 juga dilengkapi dengan tracking GPS sehingga ia bisa mengetahui kemana Anda pergi dan toko-toko apa saja yang dekat dengan Anda. Tak hanya itu saja, setiap dua jam sekali, akan ada alarm berbunyi yang mengingatkan Anda untuk mengoleskan tabir surya. Anda pun bisa mengisi daya tahan baterai ponsel karena ada USB port di dalamnya.
“iBag2 mengumpulkan data setiap kali Anda mengeluarkan dompet dengan menggunakan kartu RFID (Radio Frequency Identification) yang juga digunakan untuk kartu keamanan,” jelas pakar keuangan Finder, Michelle Hutchison seperti dikutip dari Allure.
Ia melanjutkan, satu RIFD dijahit di bagian dalam tas, sedangkan satunya lagi ditempatkan di dalam dompet. Sehingga ketika dompet tersebut keluar dari tas, terdapat jarak terpisah antara satu sama lain sehingga sistem bisa melacak detail tersebut. Belum ada tanggal resmi kapan tas tersebut mulai dirilis ke pasaran. Bagaimana? apakah Anda tertarik membelinya agar nafsu belanja Anda bisa dikurangi? Tunggu kedatangannya. (DP)

No comments:

Post a Comment