Monday 7 November 2016

Kekhawatiran NASA terhadap Prosedur Keamanan SpaceX


FLORIDA – Perusahaan roket swasta SpaceX diketahui memiliki kontrak kerjasama dengan NASA. Dalam kesepakatan ini, SpaceX memiliki hak untuk menjadi roket pengangkut astronot NASA. Namun, NASA menilai prosedur keamanan SpaceX tidak sesuai standarnya.
Dalam pandangan NASA, SpaceX tidak memiliki standar keamanan yang baik dalam proses pengisian bahan bakar. Padahal, NASA memiliki standar keamanan yang sangat ketat dalam hal peluncuran roket.
Diketahui, Roket Falcon 9 milik Spacex mengharuskan pengisian bahan bakar dilakukan ketika kru sedang berada di kabin. Pihak NASA mengungkapkan, hal ini akan membahayakan keselamatan kru roket.
Namun, bukan berarti SpaceX mengabaikan aturan keselamatan dari NASA. Pihak SpaceX mengatakan bahwa mereka telah bekerja dengan NASA untuk meneliti potensi bahaya dalam beberapa tahun terakhir.
"SpaceX telah merancang proses pengisian bahan bakar dan peluncuran yang meminimalkan durasi dan potensi bahaya bagi kru," ujar pernyataan SpaceX, seperti dikutip dari Engadget, Senin (7/11/2016).
(kem)

No comments:

Post a Comment